Sabtu, 19 Juli 2008

Tip mencegah virus masuk lewat flashdisk

Virus lagi, virus lagi... Banyak biang keroknya baik dari media simpan bergerak seperti disket, flashdisk, CD atau dari media lain seperti internet. Banyaknya antivirus yang gratis maupun berbayar bisa dijadikan solusi yang katanya bisa menjamin komputer kita aman dari serangan virus. Tapi yang namanya virus selalu selangkah lebih maju (untung baru selangkah, kalo sepuluh langkah gimana hayo?), dia bisa bersembunyi dari penglihatan manusia atau bahkan bersembunyi dari pantauan antivirus kita, nah ini yang bahaya...
Mungkin cara ini bisa mencegah (walaupun tidak 100% berhasil, namun paling tidak bisa sedikit membantu) masuknya virus ke komputer kita. Syaratnya komputer kita belum terinfeksi oleh virus, sehingga system bisa kita gunakan untuk mengintai file-file yang tidak lazim bersembunyi di flashdisk yang tercolok di USB kita.
  • Pertama buka Windows Explorer
  • Klik menu Tools - Folder Option
  • Pilih View
  • Pada pilihan Hidden files and folders - pilih Show hidden files and folders
  • Hilangi centang pada Hide protected operating system files (Recommended)
  • klik OK
Sekarang kita bisa melihat virus yang menyembunyikan diri karena beratribut hidden dan system (HS). Buka flashdisk anda melalui windows explorer, buka dalam mode Details (View - Details) dan perhatikan masing-masing filenya. Jika ada file dengan warna kabur dan tidak anda kenal dalam flashdisk ada segera hapus saja (walaupun dari namanya membuat anda penasaran). Perhatikan type filenya apakah sudah sesuai? jika itu file Ms.Word bertipe Microsoft Word Document atau jika file gambar bertipe JPEG image misalnya, jangan sampai file-file yang memakai ikon gambar bertipe Application, sudah jangan ampun lagi hapus saja.
Cari di dalam folder dan sub folder dan lakukan hal yang sama. Lalu bagaimana kalau saya punya file gambar yang diduplikasi oleh virus sebagai tipe file Application dan file saya menjadi terhidden dan tidak bisa dimunculkan karena attribute hidden terdisable sehingga tidak bisa menghilangkan centangnya? Buka saja command prompt (Start - Run, ketik cmd lalu klik OK), ketik nama drive flashdisk anda (misal di D: ketik D: lalu enter). Ketik attrib -s -h -r *.* lalu enter. Perintah tersebut akan mengembalikan/menghilangkan atribut System, Hidden dan Read only pada seluruh file di drive D: (tidak termasuk subfolder). Lakukan hal yang sama di setiap sub folder jika ada (ketik CD NamaFolder lalu enter untuk masuk folder yang diinginkan).
Semoga bisa membantu

Tidak ada komentar: