Senin, 21 Juli 2008

Seting Pandion

Bosan dengan tampilan Messenger Pandion anda? Tapi pandion tidak menyediakan menu untuk mengubah background misalnya, atau warna serta font teks di dalamnya. Sebenarnya agak gampang-gampang susah, saya dulu juga dari rasa penasaran lalu coba-coba akhirnya bisa walaupun gak mahir amat.
Kalau anda buka folder C:\Program Files\Pandion anda akan menemukan folder avatars, emoticons, images, installer, languages, settings, sounds dan src. Kita sekarang hanya membahas folder images dan src dan yang lain kita abaikan saja. Pada folder images ada sub folder brand, clients, dials dan misc. Jika ingin mengubah background Pandion anda ubahlah pada folder brand, anda harus memiliki file bertipe GIF, file untuk background adalah background.gif, anda dapat menimpa file ini atau me-rename lalu copy file dengan nama background.gif ke folder ini.
Untuk tampilan lain misalnya warna toolbar, banner, dll dapat anda ubah pada sub folder misc, perhatikan ukuran imagenya karena akan berpengaruh pada tampilannya nanti. Lakukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan tampilan yang sesuai harapan anda.
Kalau untuk fontnya gimana? Kembali ke folder Pandion dan buka folder src lalu buka folder css. Buka file main.css dengan notepad (klik kanan, Open with - Notepad). Sebenarnya kalau diamati sih kita bisa coba-coba walaupun tidak tahu, untuk amannya backup dulu filenya agar kita bisa main-main dengan isinya. Coba baca satu persatu, ada istilah font-family untuk nama fontnya, ada font-size untuk ukuran hurufnya, ada font-weight untuk ketebalan huruf dan color untuk warna font. Setelah melakukan perubahan save lalu tutup Pandion anda (File - Exit) dan buka kembali, perhatikan perubahannya, apa sudah oke atau malah tambah acak-acakan? Namanya juga baru belajar tapi gak usah menyerah, coba lagi, misal masih belum bener ya terpaksa balikin file backupnya. Gak ada file backupnya ya udah instal lagi aja, hehehe...
Oh ya, untuk menambah bahasa di menu Pandion dapat dilakukan di folder C:\Program Files\Pandion\languages, caranya gimana? Perhatikan file-file yang ada di dalamnya, kalau perlu dicatet. Coba instal Pandion Bahasa Indonesia dan perhatikan perubahannya.
Met coba-coba...!




Tidak ada komentar: